Thursday, February 02, 2006

Banjir Kok jadi Tradisi....

Beberapa minggu ini kita disuguhi tentang adanya berita banjir yang melanda beberapa daerah di Indonesia. Pertama kali pada awal tahun kemaren yaitu banjir bandang di Jember, Kediri, Semarang dan sekarang di daerah Indramayu Jawa Barat. Jakarta juga dilanda banjir walau berlangsung tidak lama.

Banjir sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor alam dan manusia. Curah hujan yang tinggi dan adanya pasang di laut menyebabkan bisa terjadinya banjir, sedangkan faktor yang disebabkan oleh manusia, misalnya adanya penebangan liar hutan-hutan, tidak adanya drainase yang baik dan kebiasaan masyarakat yang membuang sampah di sungai menambah faktor terjadinya banjir.

Banjir menyebabkan banyak infrastruktur seperti jembatan, jalan bahkan bendungan yang menjadi rusak, lalu banyak penyakit juga disebabkan oleh banjir, seperti gatal-gatal dan diare.

Mungkin sudah saatnya bagi kita untuk sadar akan lingkungan , dengan tidak menambah faktor terjadinya banjir, seperti tidak sembarangan membuang sampah di sungai. Dan harus ada juga tekad dari pengambil kebijakan untuk membenahi masalah drainase, dan pencegahan pengundulan hutan.

Banjir kok jadi tradisi....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home